Diberdayakan oleh Blogger.
 

Kamis, 29 Desember 2011

Shining Menggabungkan Unsur Black Metal Dan Jazz

0 komentar


Pernahkah kalian berpikir dua genre yang mempunyai perbedaan yang sangat besar - seperti Jazz dan Black Metal - dicampurkan menjadi satu dan tidak menjadi sampah? Jika kalian berpikir itu tidak mungkin, anda harus mendengarkan Shining. 

Band black metal asal Norwegia ini menggabungkan Free Jazz dan Black Metal di album terbarunya, Blackjazz. Jika kalian berpikir mereka sinting, ya, mereka memang sinting. 

Instrumentasi metal dan struktur jazz memenuhi sembilan lagu di album ini. Merekapun tanpa ragu menggunakan Saxophone, alat musik yang mungkin belum kita dengar di lagu metal apapun. Riff-riff metal mendampingi irama Saxophone sambil diikuti dentuman double pedal dan teriakan ala Norwegian Black Metal di belakangnya. 

Fantastis! Coba saja dengarkan pattern Jazz yang tidak terduga di "The Madness and Damage Done", solo saxophone di "Fisheye", atau intro "Exit Sun" yang akan mengecoh anda ketika pertama kali mendengarnya. Yang saya sesalkan di album ini, ada 4 lagu berbeda yang diberi judul sama, 2 lagu sama-sama berjudul Exit Sun, dan 2 lagu lagi berjudul "The Madness and the Damage Done." 
Entah mengapa mereka seperti kehilangan ide untuk memberi judul lain. Jadi album Blackjazz ini ibaratnya adalah sekelompok musisi Jazz yang tersesat di Oslo, dan terpaksa memainkan Black Metal (ala mereka tentunya) di sebuah klub untuk mendapatkan uang. Shining adalah musisi yang kreatif, unik, dan mempunyai skill mumpuni. 

Dunia tidak membutuhkan lagi band-band black metal semacam Dimmu Borgir atau Burzum. Dunia butuh sesuatu yang baru dari black metal, seperti Shining ini. Tahun ini mereka merilis Live Blackjazz dalam bentuk CD dan DVD. Silahkan pesan di Amazon jika anda mau melihat mereka secara live

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan anda. Semoga info yang saya berikan bermanfaat untuk anda.
Demi kemajuan blog ini mohon kritik dan saran anda tinggalkan dengan berkomentar. Terima kasih