Diberdayakan oleh Blogger.
 

Sabtu, 07 April 2012

Pig Squeal Training – Melatih Vokal Pekikan Babi (Inhale)

8 komentar
Sebelum dimulai, persiapkan dulu diri anda – terutama tenggorokan anda. Bila tenggorokan sedang dalam keadaan sakit, latihan ditunda dulu. Tenggorokan harus dalam keadaan baik untuk latihan. Hal ini dikarenakan latihan saat tenggorokan sakit akan membuat tenggorokan anda semakin sakit dan bahkan dapat merusak pita suara.

Bila tenggorokan anda dalam keadaan baik, anda dapat langsung memulai latihan ;

Pertama, mulailah dengan menarik nafas menggunakan diafragma. Atur pernafasan hingga difragma anda terbuka dan nyaman dengan pernafasan mulut – penarikan nafas melalui mulut. Setelah dirasa cukup, mulailah dengan menarik nafas dalam-dalam dengan suara yang dibuat seperti pekikan babi, dengan pitch rendah. *1

Kemudian mulailah mengucapkan kata-kata yang berakhiran dengan –ee, –oe, –ue, –ae, –ei, –oi atau –oo seperti suara babi (utamanya adala yang berakiran–ee) dengan mengatur bibir anda.*2 Dalam hal ini, anda dapat menggunkana potongan-potongan lirik dari lagu-lagu All Shall Perish, Suicide Silence, Job For A Cowboy, Whitechapel, atau Despised Icon untuk membantu. Selain itu, untuk memerlancar latihan, dalam membentuk suatu kata, gerakkan lidah dalam rongga mulut anda. Hal yang umum dilakukan adalah menggerakkan lidah dengan mengarahkannya ke arah langit-langit rongga mulut saat mengucapkan suatu kata. *3

Catatan :

Lakukan latihan diatas hingga ada cukup lancar dan mampu mengucapkan beberapa kata berbeda/kalimat dengan teknik ini.

Perlu diiketahui, dikarenakan pita suara setiap orang berbeda-beda, maka jangan memaksakan untuk berlatih meniru (mirip) suara band-band yang menggunakan teknik Pig Squeal ini. Karena pada dasarnya, setiap orang memiliki pita suara dan jenis suara yang berbeda, dan bila anda melakukan hal tersebut – meniru – pita suara anda selain tidak akan sesuai/sama persis, juga dapat menyebabkan anda mengalami peradangan bila memaksakannya.

*1 Bila tenggorokan anda sakit, berhenti dulu dari latihan. Dan jika dalam melakukan hal ini anda terbatuk, mungkin anda salah dalam melakukannya.

*2 Bila anda tidak dapat menemukan kata umum dengan akhiran –ee, –oe, –ue, –ae, –ei, –oi atau –oo, anda dapat membuat kata sendiri dengan menambahkan akhiran tersebut – bila anda lebih suka cara ini dibanding mengambil potongan-potongan lirik lagu dari band yang menggunakan teknik vokal serupa.

*3 Arah lidah ini dapat dirubah-rubah sesuai keinginan anda dan kebutuhan kata yang ingin diucapkan bila anda sudah mahir, untuk membentuk kata yang bermacam-macam.

P.S. :

Teknik ini dapat meyebabkan kerusakan permanen pada pita suara bila berlebihan menggunakannya – terlalu sering bernyanyi menggunakan teknik Pig Squeal.

Minumlah air putih dan teh untuk menjaga pita suara dan tenggorokan anda selalu dalam keadaan baik.

Hindari meminum susu dan coklat, terutama yang dingin.
Pada dasarnya, minuman dingin memang tidak baik untuk menjaga keadaan pita suara.

source 

8 komentar:

  1. wah PERTAMAX nih,

    Asik dah latihan pekikan2 hehe

    BalasHapus
  2. wui garang n metal nih sobat...

    BalasHapus
  3. Blog Panik_ Selamat sob atas Pertamaxnya,, monggo dicoba

    Febriansyah Haq (Just Copy and Leave It!!!)_ BIsa dicaba sob

    Asis Sugianto_ Ya sob,,
    Terima kasih kunjungannya

    BalasHapus
  4. wedeh serem banget ya bang

    BalasHapus
  5. \m/ nice tips uy, vokalis ya?? happy blogging dah :D

    BalasHapus
  6. Hzndi_ Ya suaranya emang kalo didengerin serem tapi kalo kita nyoba rasanya bangga banget sob,,, silahkan untuk dicoba

    Zuhdi Travelife_ Ok sob terima kasih kunjungannya

    Asis Sugianto_ Hahhaha,,, awas!!!
    Terima kasih kunjungannya sob

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan anda. Semoga info yang saya berikan bermanfaat untuk anda.
Demi kemajuan blog ini mohon kritik dan saran anda tinggalkan dengan berkomentar. Terima kasih